UANGKU.COM adalah layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang diterbitkan oleh PT Smartfren Telecom Tbk (“Smartfren”) untuk memudahkan transaksi keuangan kamu dengan hanya menggunakan smartphone. UANGKU telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (melalui Surat No.16/85/DKSP tanggal 26 Mei 2014) sehingga aman untuk digunakan karena telah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Siapa pun dapat mengunduh aplikasi UANGKU tanpa biaya apapun dan melakukan pendaftaran hanya dengan mencantumkan nomor handphone yang dimiliki saja. Selanjutnya nomor handphone tersebut akan menjadi nomor rekening UANGKU. UANGKU hadir sebagai salah satu solusi atas kegelisahan-kegelisahan yang terjadi baik dari penjual atau pembeli saat bertransaksi di kegiatan social shopping. Keberadaan dompet digital diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Bank Indonesia (BI). Dengan menggunakan UANGKU, transaksi pembayaran kamu menjadi lebih aman dengan jaminan uang kembali.
Fitur yang ada pada aplikasi UANGKU adalah pembelian pulsa, pembayaran tagihan, transfer antar pemilik rekening UANGKU, layanan penarikan tunai , layanan setor tunai dan pembayaran transaksi merchant. Semua operator telekomunikasi yang berlaku di Indonesia seperti Smartfren, Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Tri, Axis dan lainnya. Tagihan telepon rumah, tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon pasca-bayar, tagihan asuransi, tagihan internet dan TV kabel. UangKu merupakan aplikasi pencatat keuangan pribadi di smartphone Android yang dikembangkan oleh perusahaan IT asal Kab. Bandung, Jawa Barat bernama Orbit Dev Team (ODT) Indonesia. Aplikasi UangKu saat ini hanya tersedia bagi pengguna Android dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Play.
Menurut ketentuan Bank Indonesia, Uangku dibedakan 2 jenis yakni non-registered dan registered. Untuk non-registered saldo dibatasi maksimal hanya Rp.1 juta. Pemilik bisa bertransaksi apa saja selain dari mengirim uang. Sedangkan untuk registered, saldo maksimalnya Rp.5 juta dan pemilik boleh bertransaksi apa saja tak terkecuali mengirim uang ataupun menarik tunai. Transaksi incoming diantaranya mengisi saldo dibatasi maksimal Rp.20 juta per bulannya.
Setiap pembayaran yang kamu lakukan melalui UANGKU akan dijamin melalui Buyer Protection yang dimana dana pembayaranmu akan dikembalikan 100% jika penjual tidak mengirimkan pesanan. Cukup berikan nomor handphone kamu ke penjual dan bayar sesuai jumlah dari aplikasi UANGKU di smartphone kamu. Gak perlu kirim bukti transfer atau konfirmasi ke penjual lagi. Kamu juga akan dikirimkan notifikasi ketika penjual sudah mengirimkan pesanan. Gunakan UANGKU untuk belanja dari penjual mana saja di sosial media, chatting, iklan baris dll. Cukup infokan kamu ingin membayar dengan UANGKU.
Nikmati promo gratis ongkos kirim s/d 3 kg untuk pengiriman ke seluruh loker PopBox di Jabodetabek. Bayar dengan UANGKU, pilih lokasi loker PopBox terdekat, dan ambil pesananmu di loker PopBox sehari setelah pengiriman. Selain untuk pembayaran belanja, kamu juga bisa menggunakan UANGKU untuk pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pembayaran di restoran, toko dan juga transfer uang ke teman dan keluarga. Hidup menjadi lebih praktis dengan smartphone kamu untuk semua transaksi.
Fitur Shopping Payment Request
Fitur ini akan menjamin penjual dan pembeli dari tindakan penipuan saat berbelanja online. Dengan fitur Shopping Payment Request tentunya transaksi antara penjual dan pembeli akan semakin mudah, hemat waktu, dan aman. Selain seller dari dalam negeri, UANGKU juga terbuka untuk menjalin kerjasama dengan seller dari luar negeri.
Buyer Protection (Untuk Pembeli) yaitu pembayaran akan dijamin dan dibayarkan ke penjual setelah pesanan diterima. Jadi, uang akan ditahan sebelum barang sampai ke tangan pembeli. Sementara bagi penjual, UANGKU memberikan layanan Auto Confirmation. Fitur ini membuat penjual akan langsung menerima konfirmasi pembayaran dari pembeli sehingga pembeli tidak perlu lagi mengirimkan bukti pembayaran. Ini tentu saja meminimalisasi terjadinya bukti transfer palsu.
UANGKU memiliki fasilitas transaksi pembayaran yang biasa digunakan sehari-hari, seperti:
- Mobile Top Up (fasilitas beli dan isi pulsa dengan nominal mulai dari Rp 20.000-200.000 untuk operator apapun dan pulsa kamu kan langsung masuk secara real-time)
- Bills Payment (bayar tagihan pembayaran seperti listrik, air, dan lainnya hanya dengan beberapa tap di smartphone, tersedia juga pembelian voucher listrik dan voucher game)
- Pay by QR (membayar di banyak restoran/merchant hanya dengan scan QR code di smartphone)
- Send and Receive Money (kirim atau transfer uang ke teman hanya dengan memasukan nomor handphone mereka dan transferan akan diterima secara real-time)
Syarat pendaftaran seller di UANGKU, antara lain:
- Reputasi seller (bisa dicek di bank)
- Reputasi toko online
- Jenis produk (UANGKU tidak akan menerima jenis produk yang berada di wilayah ‘abu-abu’ seperti saldo judi online)
Ada beberapa cara top up saldo uangku yaitu:
1. Via Transfer
Bisa melalui transfer ATM, mobile banking, atau internet banking, caranya:
Masukan kode bank 153/Bank Sinarmas
Masukan rekening tujuan dengan format 8881+rekening tujuan, misalnya: 88108564380442
2. Via Cash
Kamu bisa mengunjungi galeri Smartfren, Alfamart, dan Alfa Express (coming soon). Caranya tinggal request UANGKU Top Up ke kasir.
sumber :
https://www.uangku.co.id/
http://bursapaketinternet.com/2015/05/uangku-aplikasi-uang-elektronik.html
http://ratnadewi.me/review-mobile-wallet-uangku/
https://www.codepolitan.com/uangku-aplikasi-pencatat-transaksi-keuangan-pribadi
0 komentar:
Posting Komentar