Pulsk adalah sebuah situs web yang mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain dengan cara membagi foto, video, dan artikel. Karena menyasar segmen anak muda, Pulsk menawarkan konsep majalah dinding virtual. Karena menyasar segmen anak muda, Pulsk menawarkan konsep majalah dinding virtual. Domain situs ini dapat diakses melalui alamat pulsk.com dan mereka menitik beratkan pada kualitas konten dan interaksi antar pengguna. Para pulsker -- sebutan bagi pengguna Pulsk, bisa mengunggah sendiri konten-konten terbaik mereka. Ide mengenai Pulsk sendiri dicetuskan oleh seseorang bernama Rendy Bryanzah. Sebelum fokus mengembangkan Pulsk, Rendy dikenal sebagai salah satu orang di balik pengembangan forum Kaskus. Saat bekerja di perusahaan tersebut, Rendy menjabat sebagai Leader Developer Kaskus.
Pulsk diluncurkan pada 16 September 2012 oleh pendirinya yang bernama Rendy Bryanzah. Startup situs ini diawali dari riset yang menemukan fakta bahwa ternyata situs-situs jejaring sosial sebagian besar diramaikan oleh pengguna dengan rentang usia muda yang rata-rata berusia di bawah 24 tahun yang berarti masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Nama Pulsk sendiri pada awalnya adalah akronim dari frasa 'pulang sekolah'. Anak-anak sekolah telah jenuh dengan pelajaran serius yang diterima sepanjang jam pelajaran di kelas. Sehingga, waktu pulang sekolah adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk mencari sesuatu yang menyenangkan.
Irwan Fahmy adalah co-founder PULSK.com, sebuah platform berbagi konten bagi pengguna muda di Indonesia. 2 minggu setelah running, PULSK berhasil memenangkan SparxUp Award 2012 di kategori internet/mobile portal. Hingga akhir tahun 2013, PULSK berhasil membukukan hingga 200.000 member. Rahasianya adalah kepekaan untuk terus memberikan nilai tambah. Jika Facebook menggunakan button Like sebagai bentuk appresiasi dan respon, maka di PULSK kami memiliki button WOW.
Para pembuat Pulsk menggabungkan konsep tata letak dari Facebook dan Youtube, yaitu penggunaan timeline seperti Facebook dan penggunaan menu bar sebelah kiri seperti Youtube. Kedua konsep tata letak tersebut diambil karena dianggap memenuhi estetika dan ramah pengguna. Pengguna dapat mendaftar dengan akun facebook atau twitter. Pastikan memiliki akun facebook atau twitter untuk masuk ke dalam Pulsk. Setelahnya, pengguna akan disambungkan kembali dengan laman Pulsk.com. Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya pengguna bisa mengunggah konten yang diinginkan ke Pulsk untuk dikomentari atau diapresiasi dengan ‘Wow’ oleh pengguna yang lain.
Dari sisi sosial media, Pulsk memungkinkan pengguna untuk saling mengikuti atau mem-follow pengguna lain. Setiap pengguna, akan memiliki sebuah halaman profil dengan foto profil serta gambar sampul layaknya sebuah halaman profil di Facebook. Ada juga fitur yang memungkinkan seorang pengguna meninggalkan testimonial sepanjang 140 karakter dalam halaman profil pengguna. Untuk menarik pengguna membagikan konten-konten yang menarik, selain melalui fitur saling follow, setiap WOW yang diterima oleh setiap pengguna juga dihitung. Pengguna yang mendapatkan WOW terbanyak ditampilkan dalam sebuah tab di sebelah kanan tampilan Pulsk. Nama-nama pengguna yang mendapatkan ‘Wow’ terbanyak akan terpampang dalam jajaran ‘100 User Paling Wow’
sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2013/03/22/14510055/pulsk.jejaring.sosial.buat.quotbilang.wowquot
https://id.wikipedia.org/wiki/Pulsk
http://www.pulsk.com/
0 komentar:
Posting Komentar